Rekam Pakai Microphone atau Aplikasi?

Bikin podcast maupun video sudah jadi tren netizen saat ini. Lihat saja konten di media sosial, kebanyakan isinya video. Tiktok, Helo, Instagram, Facebok, Youtube mah gausah ditanya, sejak awal memang main di video, bahkan Twitter pun juga banyak dipakai buat nyebar video, Persoalannya, ada video yang gambarnya oke, eh tapi suaranya nggak jelas. Ancur! Kalau udah begini, kan orang tentu males nonton/dengerinnya karena suaranya gak jelas.

Nah, untuk mendapatkan suara yang bagus, enak di telinga, ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan. Pakai microphone bawaan smartphone sebenarnya sudah bisa merekam suara tapi tentu ada keterbatasan. Solusinya cuma ada 2, mau pakai microphone tambahan atau aplikasi perekam suara.

Aku mencoba aplikasi perekam suara yang oke juga buat dicoba, Namanya DOLBY ON. Aku juga biasa pakai Microphone Wireless SARAMONIC, dan Microphone Portable LEVIOSALIVE. Mana yang paling bagus buat merekam suara? Yang jelas Saramonic harganya di atas 2 jutaan, LeviosaLive gak sampe 500 ribu, sedangkan DolbyOn ya, aplikasi gratisan.

Untuk lebih pasti, mending lihat hasil perbandingan di antara 4 perekaman suara yang aku lakukan. Dari situ nanti kamu bisa tentukan sendiri lebih suka pakai yang mana.

Menurutmu?

%d bloggers like this: