NKOTB: Cekrekan

Ini merupakan cerita yang pernah kutulis dulu. Serial New Kids on the Blog (NKOTB). Sengaja ku-republish karena boleh jadi banyak teman baru yang belum tahu cerita tentang pertemanan anak sekolah berasrama: Nawi, Karim, O-Jack, Tatox, dan Brohim.

ilustrasi NKOTB jika ada kemiripan wajah, mohon maaf. memang disengaja

“Duitlu ilang lagi?” tanya Tatox kepada Nawi yang tengah malam begini masih membongkar laci, tas, dan segala yang berbentuk kantung, di mejanya.

“Nggak. Cekrekan. Lu liat nggak? Cekrekan gue yang gede!” Jelas Nawi.

“Apa sih cekrekan?” Tatox bingung dengan istilah yang dipakai Nawi.

“Cekrekan ntu Stapless atow stapler! Dasar Jawir, lu!” Nawi begitu kalo kesal ke Tatox, pasti nyebut Jawir lantaran Tatox asli Jogjakarta.

“Oh, stapless. Gitu dong pakai istilah yang normal. Kalo nggak salah sih, kemarin dipake O-Jack! Lu bangunin aja dia.”

“Nggak usah deh, biar gue cari aja di laci dia…” Nawi ngeluyur ke meja O-Jack.

“Heh…! Jangan gitu, Wi! Besok pagi aja. Gimanapun, lu nggak punya hak buat membuka laci O-Jack. Itu kan privasi dia…” Tatox mengingatkan temannya yang akhirnya batal menarik tungkai lacinya O-Jack.

“Hm… giliran perlu, nggak ada. Sebel kalo begini gue nih. Giliran perlu, hilang!” Nawi ngambek, dia mematikan TV yang sejak tadi menerangi 3 temannya yang tertidur, O-Jack, Brohim, dan Karim. Lalu ia beranjak nongkrong di teras asrama.

“Hey… jangan dimatiin… sebentar lagi Liga Champion…” terdengar suara Brohim dalam tidurnya. Biasanya memang begitu kalauns sedang nonton TV, terbangun kalau TV dimatikan.

“Ntar pas LC mulai, gue nyalahin lagi tuh TV” jawab Nawi, masih kesal karena belum menemukan staplessnya.

Tatox menemani sambil membawakan dua cangkir teh manis panas pakai gula batu. “Besok aja, Wi… pasti ada kejelasan, dimana staplesslu.”

“Heran gue, giliran kagak butuh, ada. Nah giliran butuh, ngilang! kayak ada tuyul aje di mari…” Nawi masih kesal rupanya.

“Kalo uang lu yang kemarin ilang, udah jelas jejaknya?” Tatox berusaha melupakan ingatan Nawi tentang stapless.

“Ah, itu uang nggak hilang. Gue lupa aje…”

“Berarti udah ketemu dong.”

“Nggak lah, udah abis. Gue baru inget, kalo uang itu gue jajanin pizza.”

“Beli pizza dimana lu? Memang di koperasi sekolah ada yang jual pizza?” yang Tatox tahu, tak pernah ada pizza di koperasi. Paling banter bakwan, batagor, dan makanan aneh lainnya.

“Masa gak tau lu, dimana lagi kalo bukan di Ngepet!” Jawab Nawi sambil mulai menyeruput teh panas.

“Wah, Ngepet jualan lagi? Gile! Bener-bener ngepet tuh orang. Apa dia nggak tahu kalau semua guru dilarang jualan di sekolah ini.  Gue pikir, setelah dia nggak jualan nasi goreng lagi, dia sudah tobat. eh, sekarang malah ganti, Pizza…?!” Tatox memang paling kesal dengan satu guru yang ia juluki ngepet. Gara-gara julukannya, semua temannya memanggilnya dengan kode: Ngepet. “Nah, lu ngapain belanja sama ngepet? Kan kita udah janjian nggak bakal jajan ke ngepet?!!” Tatox memprotes Nawi.

“Terpaksa, Tox. Sore itu gue lagi ngebujuk Rani. eh, dia minta dibeliin ngepet, eh pizzanya ngepet. Ya udah, gue beli satu buat dia. Gue mah kagak makan!”

“Wah, dengan sepotong pizza ngepet, lu dapet hati si Rani dong, hehehe…”

“Nggak juga. Habis makan pizza, dia cuma bilang. Nggak boleh pacaran, dosa! Sialan, dikerjain gue!” Nawi menyesali kebodohannya.

“Wajar kalo setelah itu lukira uanglu hilang. Karena lu nggak berasa sih, uanglu habis disedot ngepet!” Tatox siap menyeruput cangkir tehnya.

“Lo tuh, seneng banget deh ngebahas ngepet! Jangan-jangan lo terobsesi jadi pengusaha macem die… hahaha….” Nawi benar-benar ngakak melihat Tatox batal menyedot tehnya…

“Sialan lu! Gue tuh kesel sama ngepet karena mestinya dia nggak jualan. Dia mestinya ngajar doang. Kan dia udah digaji gede di sini. Ngapain masih jualan juga. Kalo mau kaya, mending jadi pengusaha aja, jangan jadi guru. Lagian itu anak-anak asramanya lu liat sendiri, kan, bego-bego! Doyannya makaaaan melulu!” Tatox berargumen.

Memang benar yang Tatox katakan. Kebijakan Kepala Sekolah SMA Tunas Bangga yang terletak di sebuah pulau terpencil nan indah ini, melarang guru, -terutama kepala asrama- berjualan di lingkungan sekolah. Guru harus fokus mengajar sedangkan urusan jajanan merupakan urusannya pengelola koperasi sekolah. Tapi tetap saja pada kenyataannya ada.satu atau dua guru yang berjualan diam-diam di asramanya. Mungkin mereka melihat pasar yang pasti: pelajar penggemar jajanan.

“Katanya kalo udah champion lu nyalain!!!” Brohim tiba-tiba bangun dan langsung mencari remote TV. Pertandingan Liga Champion sudah mulai 10 menit.

“Ah, cuma lewat 10 menit. Belon seru. Lagian, gue lupa gara-gara dengerin curhatnya Tatox tuh!

“Curhat apaan dia. Siapa lagi yang diliriknya?”

“…ng… Ngepeeet… ha ha ha….” Nawi tertawa ngakak dini hari ini. Brohim pun ikut-ikutan tertawa. Membuat yang lainnya bangun.

“Wah udah mulai!!” Karim dan O-Jack bangun bareng. Matanya langsung mengarah ke TV.

“Woi, Jack! Stapless gue lu kemanein?” Melihat O-Jack bangun, Nawi langsung ingat pada benda yang amat sangat dicarinya itu… O-Jack bengang-bengong mengingat-ingat….

“Ng…. dipinjem…. Ngepet… buat nyeteplesin bungkus pizza….”

“Ha ha ha ha….. .” di antara Brohim dan Karim, Tatox yang paling kencang tawanya.

2 thoughts on “NKOTB: Cekrekan

  1. Walking using Low-priced MBT Shoes ordinarilly believe acquire the use of the idea. Cheap MBTs are popular being a match to your lively chosen lifestyle. They might be regularly offered on the inside Pilates studios, where by trainers as well as individuals locate they enhance the Pilates key facts with excellent good posture as well as line.

Menurutmu?

%d bloggers like this: