Hey! Anjing Pantai

Jam 3 dini hari. Saat aku menutup laptop dan ingin tidur, kudengar suara menggerung. Kukira suara igauan atau ngorok temanku yang sudah tidur lebih dulu. Ternyata sumber suaranya dari luar. Tepatnya di balik pintu kamar di tepi pantai ini. Kubuka pintu. Seekor anjing berdiri di … baca sampai selesaiHey! Anjing Pantai

Lingkar Kuasa

Pejabat yang baik dan jujur akan berkali-kali dijebak dan diancam untuk melindungi kepentingan penjahat dalam lingkar kuasa. Mereka biasanya memengaruhi keluarga, sanak saudara, dan kerabat pejabat baik tersebut, untuk melumpuhkan hati pejabat baik tersebut. Penjahat dalam lingkar kuasa berupaya melanggengkan pengaruhnya dari zaman ke zaman. … baca sampai selesaiLingkar Kuasa

Ngetes, Alasan Cupu

Banyak netizen terpancing kreativitasnya gara-gara pernyataan Kepala BSSN, Djoko Setiadi usai dilantik Presiden. Netizen kita memang responsif, reaktif, dan kreatif. Apa lagi ketika mengetahui pernyataan Kepala BSSN tentang Hoax Membangun. Sebuah pernyataan yang terkesan “nggak banget” deh sebagai kepala sebuah lembaga yang berada langsung di … baca sampai selesaiNgetes, Alasan Cupu

Indikasi Keseruan Gosip

  Hayo siapa yang senang bergunjing? Pasti banyak yang nggak mau mengakuinya, meskipun mengisi waktu dengan menggunjingkan orang lain sudah jadi rutinitas harian. Ada saja yang setiap hari senang bergosip. Pagi, siang, bahkan malam pun diisi dengan gosip atau bergunjing. Jika tak bisa kumpul untuk … baca sampai selesaiIndikasi Keseruan Gosip

Ini Uang Siapa

  Jika kamu menemukan uang di jalan atau saat sedang bekerja, atau menemukan smartphone saat baru duduk di taksi, apa yang kamu pikirkan? Apakah uang atau smartphone tersebut kamu anggap sebagai rezeki yang datang dari langit untukmu? apakah kamu akan biarkan? Mengumumkan di media sosialmu … baca sampai selesaiIni Uang Siapa

Cita-cita Kusni

“Laper bisa bikin orang miskin nekad, tapi kalo rakus memang udah tabiatnya orang kaya yang korup. Mereka nggak pernah kelaperan, tapi tetep aje rakus. mangkanya tetep korupsi! Tapi kita-kita yang miskin tapi nekad, yang selalu disalahin, dijedodin ke tembok, ditangkep, bahkan kalo perlu didor!” Umbar Kusni, abang ojek yang … baca sampai selesaiCita-cita Kusni

2015, Negara Gagal

Memasuki tahun baru, warga kampung Kapitan, kecamatan Gusuran, Jakarta sebelah sonoan, nggak punya harapan baru. Orang-orang bilangnya resolusi. Bang Namun kagak percaya sama resolusi-resolusian. Apa lagi kalau yang bikin resolusi tokoh masyarakat atawe pejabat publik. “Jangan kate resolusi, lha revolusi aje dikhianatin! Matirabit dah pejabat … baca sampai selesai2015, Negara Gagal