baduy dalam, baduy, banten
Site Overlay

Biarkan Baduy Bicara (Free Download)

Pemicunya adalah Mursid, anak tertua dari Juru Bicara Baduy Dalam dari Cibeo bernama Alim atau kerap disebut Ayah Mursid. Setelah 11 tahun sebelumnya bertemu ayahnya, sore itu aku bertemu dengan anaknya. Kecurigaan terlintas dalam pikiranku saat beberapa hari sebelumnya memerhatikan wajahnya. Mirip sekali dengan ayahnya. Baru saat suasana lebih sepi, aku mendekatinya dan kutanyakan apakah ia anak dari Ayah Mursid, ternyata benar!

Lisensi Creative Commons
Biarkan Baduy Bicara oleh Mataharitimoer disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://mataharitimoer.com/biarkan-baduy-bicara-free-download/-7939/.
Izin di luar dari ruang lingkup lisensi ini dapat tersedia pada https://mataharitimoer.com.

Obrolan bersama Mursid tentang ayahnya dan tentang geliatnya saat ini memicuku untuk menyebarkan kembali buku Biarkan Baduy Bicara (BBB). Kenapa diterbitkan lagi? Sebab memang ada beberapa hal yang harus aku update pada catatan perjalananku tersebut. Beberapa hal menyangkut informasi dan update yang aku dapatkan dari sosok Mursid.

Tentu cetakan kedua tak cuma berubah desain dong. Ada update lainnya sebagaimana kondisi Baduy Dalam hari ini. Tapi tetap saja sih, cetakan kali ini memiliki desain yang lebih bagus. Jadi selain membaca kisah perjalanan, pembaca juga bisa menikmati foto-foto yang keren jepretanku dan jepretan Tatox. Desain kali ini masih aku kerjain sendiri. Kenapa tidak pakai profesional?

Wah, bukuku ini terdaftar dengan Creative Common License jadi tidak diperbanyak secara komersial. Bagi yang tertarik membacanya bisa saja langsung mengunduh versi pdf. GRATIS! tapi tak dilarang juga untuk memberikan donasi.

Pada 10 November 2019 buku ini terpaksa dilaunching dalam suasana duka. Salah seorang sahabat kami bernama Erha Limanov terkena serangan stroke kedua. Jadilah buku BBB ditawarkan sebagai barang jualan untuk menyumbang Manov. Berapapun teman-teman memberikan sumbangan, mereka berhak atas link unduhan buku tersebut. Kenapa sampai begitu? Ya, sebenarnya cuma karena tidak ingin disebut meminta-minta atau mengemis bantuan saja. Kami malu kalo tiba-tiba minta uang dari teman untuk membantu teman. Jadi, terpikir apa lagi yang kita jual buat memenuhi kebutuhan berobat Manov? Ya, Jual buku!

status facebook yang menawarkan buku BBB untuk donasi biaya berobat Manov

Ternyata hanya perlu waktu 2 hari saja teman-teman bisa mengumpulkan donasi untuk Manov. Salut dengan kepedulian teman-temanku. Artinya, buku BBB pun dikembalikan ke niatan semula, yaitu sebagai buku digital (PDF) yang disediakan gratis untuk seluruh manusia di muka bumi ini.

Dengar-dengar ada juga buku BBB versi cetak? Ada sih. Hanya saja tidak banyak. Maklumi saja sebab buku ini diproduksi dengan biaya sendiri. Jadi harga cetaknya mahal. Karena harga cetaknya mahal itulah akhirnya saya nggak berani menawarkan/menjualnya. Jadilah buku versi cetak ini hanya untuk koleksi saja. Harganya? Japri!

Kalau mau baca dalam format buku online (html5 pun bisa. seperti di bawah ini:

2 thoughts on “Biarkan Baduy Bicara (Free Download)

  1. ah rupanya aku ketinggalan untuk menyumbang ke mas manov

    tapi setidaknya *setelah gajian* aku bisa menyumbang juga deh kang. insyaAllah

Menurutmu?

Scroll UpScroll Up
error: hubungi bloggernya kalau mau copy. pasti dikasih.
WhatsApp chat
%d bloggers like this: