Finally! Spotify Cuma Goban

Kini netizen Indonesia bisa menikmati streaming musik pakai Spotify. Koleksi lagu lawas –misalnya 80-an sampai tangga lagu Indonesia– tersedia. Saat mendengar slentingan dari tim Spotify sehari sebelum launching, aku sudah penasaran seperti apa sih enaknya Spotify.

Dalam tren pencarian di Google Indonesia hari ini pun, “Spotify” berada di urutan teratas. Ini menunjukkan betapa banyak orang yang penasaran dengan kabar layanan musik streaming itu dibuka di Indonesia.
image

Pagi tadi akhirnya kusempatkan download dari Google PlayStore. Sebentar saja prosesnya langsung terpasang. Loginnya ada dua pilihan: Facebook atau Email. Malas mengetikkan alamat email, aku login pakai Facebook saja, simpel.

“Lho, berarti kalo gue dengerin lagu di Spotify, temen-temen di FB tau dong, Te?”

Nggak juga. Saat login dan mau share dengan FB kita bisa menentukan sendiri apakah sebaran lagu yang kita dengarkan mau dishare di FB untuk Public, Friends, atau Only You. Nah, dengan begitu kamu nggak perlu kuatir ketahuan lagi dengerin lagu apa.

Tapi yang lebih mantap lagi, kalau kamu nggak mau orang lain tau kamu dengerin lagu apa aja, ya jangan pernah share apapun ke media sosial. Spotify inikan konsepnya streaming lagu legal dan jejaring sosial. Jadi sudah tentu ada fasilitas share dan saling follow teman. Kalau sudah saling follow di akun Spotify, otomatis kita bisa tau teman kita lagi dengerin lagu apa.

Lagi pula anak zaman sekarang kan udah biasa menyampaikan perasaan dan kegalauan lewat lagu yang ia dengar dan sebarkan melalui media sosial. Sampai ada ungkapan, “sampaikanlah lewat lagu, apa yang menggalaukanmu!”

Terutama mereka yang sedang jatuh cinta, merana, terjangkit jomblo akut, dan jatuh cinta lagi, biasanya demen mengungkapkan perasaannya melalui sharing lagu. Siapa tau dengan sharing, orang yang diharapkan mengetahuinya, bisa merespon dengan baik. Kalau nggak, ya berarti Anda belum beruntung.

image

Lanjut ke Spotify, yuk!

Kupikir aplikasi ini bagus untuk membiasakan diri menikmati musik secara legal. Dengan demikian kebiasaan mengunduh mp3 ilegal makin berkurang. Lebih dari itu, manfaat Spotify ini bisa sebagai bentuk apresiasi kita terhadap musisi, dengan cara mendengarkan lalu menyebarkan, share di media sosial. Jadi makin banyak yang tau -misalnya- si Raisa itu sebenarnya berapa banyak yang dengar dan sebar lagunya. Itukan bentuk apresiasi. #imho aja sih.

Kita bisa pake Spotify dengan langganan bulanan. Nggak mahal, cuma goban kurang captun alias 49.990 perak). Harga segitu katanya cukup murah buat melawan pembajakan. Kalo di Amrik, sih layanan premium dipatok USD 9,99 perbulan.

Sebenarnya Spotify tetap bisa dipakai gratis, tapi kalau mau lebih asyik, ya beli akun Premiumlah. Promo kali ini Free 30 hari. Kamu bisa menyudahi coba-coba dengan upgrade ke Premium (bukan trial). Keuntungannya, tak ada iklan dan kelebihan lainnya. Bayarnya? Pake kartu kredit.

“Jiahhhh, gak punya CC!” Kata temenku, @insideerick yg urus blog sociogeeks.

Nggak cuma CC koq, bro! Bisa juga bayar pakai transfer ATM, pake DOKU wallet, bayar tunai di Alfamart, beli vouchernya, dan kalau mujur dapet kode hadiah, tinggal tukarkan aja kodenya pada opsi pembayaran Spotify.

Asyiknya lagi, Spotify bisa dipakai multi device. Akun kita bisa dipakai di smartphone, laptop/PC, atau tablet. Pilihannya bisa diatur di menu Setting. Aku tes nyalain akunku di dua device: Hape dan Laptop. Aku mulai dengan play lagu di Laptop. Saat aku setting play di Hape, Spotify-ku yg dilaptop suaranya berpindah dan lanjut playing di hape. “Keren!” Kata Raztan, anakku.

image

Nah, yang menarik nih

Ada kerjasama antara Spotify dengan Indosat Ooredoo. Kamu yang pakai paket Freedom Combo dari Indosat Ooredoo, ada keasyikan untuk pakai Spotify.

Melalui kerja sama bundling Spotify dan Indosat Ooredoo, khususnya yang pake IM3, bisa menikmati musik tanpa khawatir kuota paket datanya akan habis. Indosat Ooredoo ngasih promo paket Freedom Music bagi pelanggan Freedom Combo IM3 untuk paket M, L, XL, dan XXL. Ini namanya #FreedomMusic.

“Kalo saya pake Mentari gimana, koq IM3 doang?” Samber om Dian Kelana, saat bersamaku ngobrol bareng dengan tim Spotify sehari sebelum launching.

Itu gampang, tinggal beli aja pake FreedomCombo. Beres!

Untuk pelanggan Freedom Combo paket M dan L, bisa mendapatkan potongan diskon harga berlangganan 20%, plus bonus kuota 1 GB gratis untuk streaming musik di Spotify. Untuk pelanggan paket XL dan XXL, diskonnya lebih gede: aptu 50% plus bonus kuota 10 GB untuk streaming musik di Spotify.

Bonusnya bisa abis nggak kalo paketnya abis?

Kata pak Alex Rusli, saat launching Spotify di Jakarta tadi (30/4), Bonus kuota untuk Spotify nggak akan menghabiskan kuota paket data reguler yang dimiliki pelanggan IM3. Bonus dan promonya berlaku permanen “untuk selamanya…” nyanyi

image
image: @spotifyID

6 Comments Add yours

  1. @aniRingo says:

    RT @mataharitimoer: catatan https://t.co/rQ1es7nrhZ
    #freedommusic
    @DianKelana @SpotifyID @Adiitoo @IndosatOoredoo @nurulhoeda @zizydmk @a…

  2. RT @mataharitimoer: catatan https://t.co/rQ1es7nrhZ
    #freedommusic
    @DianKelana @SpotifyID @Adiitoo @IndosatOoredoo @nurulhoeda @zizydmk @a…

  3. #BlogFamers Finally! Spotify Cuma Goban https://t.co/sYlZNsX3RY – @mataharitimoer

  4. silakan https://t.co/BFA1EmsLju
    @DewiSulistiawty @arievrahman @aniRingo @DianKelana @SpotifyID

  5. arievrahman says:

    Wah kalau buat pengguna Matrix gimana Mas? Aku masih belum paham yang offline itu hehe.

    1. MT says:

      matrix gak bisa freedom combo. yang offline itu maksudnya cuma disimpan saja di akun kita. aku memeriksa hasil save di gadget tapi tak menemukan foldernya di mana. tetapi kalau sudah disimpan, bisa tetap kita setel meskipun offline (jaringan data/wifi) aku matikan.

Menurutmu?