Lelaki di Antara Perempuan

Setidaknya ada 8 lelaki yang kulihat di antara lebih 40 perempuan dalam satu ruang. Di antara 8 lelaki tersebut, seorang sibuk mengendalikan perekam video streaming, seorang lagi mengoperasikan laptop untuk presentasi, 3 orang lainnya asyik menyimak di sebelah perempuan yang mereka cintai, 2 lelaki jomblo juga menyimak acara sambil memainkan smartphone. Seorang lagi, aku yang tak diam di satu sudut. Mondar-mandir ke beberapa titik yg harus kudatangi.

Para lelaki itu terlihat asyik mengikuti acara yang diadakan atas kerja sama dariperempuan.com, NUK Indonesia, dan RSPI Puri Indah. Itulah Talkshow Breasfeeding While Working, yang dimoderatori oleh Angel Karamoy dan dibekali pengetahuan tentang menyusui dan memerah ASI oleh dokter ahli di bidangnya, dr. Jeanne-Roos Tikoalu, SpA, IBCLC. Ibu dokter inilah yang menjadi magnet dan membawa peserta asyik dalam diskusi tentang breastfeeding.

 

Jadi para lelaki itu mengikuti talkshow tentang bagaimana perempuan membekali anaknya Air Susu Ibu (ASI). Beberapa teman sempat berkelakar, seperti “ngapain, sih cowok datang di acara cewek? Bahas tentang payudara pula!” Hehehe, justru itulah yang menurutku keren dari para lelaki itu.

Ada juga yang melalui twitter, seperti ini salah satunya:

twit

DP (dariperempuan.com) memang portal perempuan. Acara yang mereka buat juga selalu terkait dengan urusan perempuan. Tetapi bukankah lelaki juga harus peduli dengan urusan dan peran perempuan. Karena itulah sejak awal mengumumkannya di facebook fanspage, DP juga menyarankan para lelaki hadir dalam talkshow yang digelar di salah satu rumah sakit terbaik di Jakarta.

Aku tertarik dengan penuturan seorang bapak, salah satu dari dua peserta lelaki yang maju ke depan untuk berbagi cerita tentang peran mereka (suami) dalam membantu istri untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka. Terutama tentang pengalaman memerah ASI karena istrinya bekerja pula. “Kulkas kami sampai penuh dengan stok ASI untuk bayi kami!” Paparnya, semangat. Salut, deh buat bapak yang mendapatkan hadiah dari NUK.

Talkshow Breastfeeding While Working mendapatkan dukungan dari NUK, produsen alat breastfeeding dan produk lainnya untuk kebutuhan ibu, bayi, dan balita. Produsen yang berpusat di Jerman ini sudah punya perwakilan resmi di Indonesia. Tidak sedikit pasien RSPI Puri Indah yang berminat terhadap produk NUK di lokasi acara ini, namun mereka kusarankan belanja online atau di babystore saja, karena dalam acara ini NUK hanya memberikan product knowledge, goodybag buat semua peserta, dan produk untuk 3 peserta yang terpilih saat share pengalaman mereka tentang breastfeeding.

Respect-ku buat teman-teman DP yang menggelar acara ini dengan baik dan menyenangkan banyak orang. Kalian, hebat!

Terima kasih juga buat @Babeh_Helmi dan @D3551 dari KYB yang menyiarkan kegiatan ini via livestreaming. Karena peran KYB, saat acara berlangsung sekitar 500 orang ikut menyaksikannya secara online di tempatnya sendiri.