Site Overlay

Vlogging with Vlogit

Makin banyak orang yang suka bikin Vlog. Ada yang memang memulainya langsung sebagai youtuber, instagramer, maupun facebooker. Ada juga blogger yang kini fokus jadi Vlogger. Aplikasi smartphone apa sih yang asyik buat bikin vlog?

Dulu aku pernah bikin tutorial Quik. Tapi ternyata semakin ke sini semakin banyak aplikasi vlogging atau editing video. Ada yang suka Kinemaster, Filmorago, dan bejibun aplikasi lainnya. Nah, kali ini aku mau share aplikasi buatan Wondershare Software yang juga produsen Filmora/FilmoraGo. Mereka sih bilangnya ini aplikasi khusus buat VLOGGING. Namanya Vlogit – A free video editor made for Vloggers.

Vlogit bisa diunduh di Playstore

Buat yang terbiasa pakai QUIK atau Kinemaster, ya nggak jauh-jauh beda sih. Bahkan beberapa teman yang coba Vlogit, merasa lebih tetap asyik pakai Quik. Karena sedikit yang pakai, jadi aku mulai membiasakan deh pakai Vlogit. Sekadar ingin menjajal aplikasi. Tapi alasan sebenarnya kenapa aku coba Vlogit adalah karena di Hape Samsung A20 gratisanku ini, ternyata Quik sering hang. Macet saat video sudah dirender. Apa mungkin ini masalah di hapeku, ya?

Sudah instal Vlogit? Langsung buka aplikasinya dengan tap icon Vlogit dari galeri aplikasimu. Logonya seperti yang ada pada gambar di atas.

Ini tampilan pembuka. Menjanjikan!
Untuk mengedit vlog atau video baru, tapi atau sentuh menu “from camera” jika mau langsung syuting, atau biasanya sih sentuh menu “from library” untuk mengedit klik atau file video/foto yang sudah ada di galeri hapemu.
Dari daftar video di hapemu, sentuh dan tahan (tap and hold) video yang mau diedit agar muncul previewnya dulu. Kalau memang sudah yakin itu videonya, langung sentuh tombol +. Tapi kalau kamu sudah yakin sejak awal beberapa klip video yang mau diedit, langsung saja tap satu persatu sampai muncul di bagian bawah interface. lalu tap next.
ini halaman utama editing video. kamu bisa tambahkan teks, stiker, audio, pip, atur speed, filter, dsb di menu yang ada pada bagian bawah.
Wah, ternyata ada beberapa klip yang perlu dipotong. Ada juga yang suaranya tak perlu ditampilkan, bisukan saja. Ada juga video yang perlu dicrop dimensinya. Lakukan itu semua dengan tap/sentuh gambar pensil yang ada di tengah klip.
Inilah halaman Edit Clip. Kamu bisa melakukan seperti menu-menu yang ada di halaman ini. Trim, Split, Snapshot, Crop, Rotate, Duplicate, atur Volume/Mute/Fade, atau hapus klip karena ternyata nggak penting buat ditampilkan pada videomu.
Kalau tahap potong-potong video dan mute-mute suara yang nggak penting sudah dilakukan, selanjutnya tinggal menambahkan audio. Bisa pakai musik yang tersedia di library vlogit atau musik dari hapemu (asal jangan langgar lisensi). Bisa juga tambahkan efek suara. Atau untuk beberapa klip yang kamu mute karena perlu kamu tambahkan suaramu dalam menarasikan gambar, tinggal tekan menu voice over. Rekam, sesuaikan durasinya, beres!
Saranku sih, kalau gambar sudah ajeg sesuai maumu, suara maupun musik sudah pas, baru deh tambahkan teks. Kenapa teks terakhir dibuat? Percayalah, kalau kamu bikin teks duluan sebelum gambar dan suaramu ajeg, nanti repot sendiri. Mending edit teks paling terakhir saja. Pakai menu text editor. Ada beberapa template yang tersedia. Kamu bisa ubah font, size dengan dragging, warna, dan juga beragam efek animasi teksnya.
Jika sudah kelar semua proses editing (gambar, suara, teks) sudahi pekerjaanmu dengan menyentuh icon rendering yang ada di kanan atas interface vlogit. Tunggu sampai proses render (exporting) selesai. Waktunya tergantung durasi videomu ya. Kalau buat video Instagram yang di bawah 1 menit sih, bisa secepat kamu meneguk air mineral.
Langkah terakhir tinggal pilihanmu sendiri, mau langsung share videomu di medsos, silakan. Mau disimpan dulu di galeri hape (save to camera roll), ya terserah.

Begitu saja sih cara edit video dengan Vlogit. Aku sih nyaman-nyaman aja menggunakannya. Makin sering kamu pakai, ya akan makin gape alias mahir. ini beberapa video yang kubuat pakai vlogit.

2 thoughts on “Vlogging with Vlogit

  1. ini in-apps purchase gak kang?
    biasanya free begini ada versi pro-nya yang bayar.

    saya sekarang pake inshot buat editor video di hape, buat keperluan daily vloging. agak menyesal juga beli yang pro karena gak ada transisi video-nya.

Menurutmu?

Scroll UpScroll Up
WhatsApp chat
%d bloggers like this: