Acer Iconia Kembalikan Pengguna Windows

Merebaknya perangkat digital seperti smartphone dan tablet PC tak dipungkiri sempat membuat galau para pengguna laptop. Biasanya mereka berpindah ke tablet PC dengan pertimbangan mobilitas, praktis, enjoy, dan selalu terkoneksi dengan jejaring sosial. Boleh jadi kerena pengaruh tren, tua dan muda, baik dari kalangan mahasiswa, freelancer, pegawai, bahkan pengusaha, mulai berpindah pegangan dari laptop ke tablet PC.

Pertanyaannya, apakah tablet PC benar-benar menggantikan fungsi laptop yang biasa mereka pakai? Jawabannya belum tentu benar. Tidak sedikit di antara para pengguna tablet PC yang kembali membuka laptop bahkan desktop PC ketika harus menyelesaikan tugas. Kebiasaan mereka memakai aplikasi berbasis Sistem Operasi buatan Microsoft, rupanya membuat mereka belum benar-benar “move on” ke perangkat bergerak, seperti tablet PC yang umumnya –kecuali iPad– berbasis Android.

Berbeda dengan pengguna level ahli yang akhirnya pindah ke Sistem Operasi Terbuka, di kalangan pengguna biasa tetap masih mengandalkan Windows. Mulai dari sekadar mengerjakan Paper, Skripsi, Laporan, hingga mengolah Audio, Video, dan Desain Grafis, mereka tetap mengandalkan aplikasi berbasis Windows.

Kita bisa melihat statistik penggunaan Sistem Operasi pada 2012 di bawah ini. Jika digabungkan semua yang merupakan produk Microsoft, sebanyak 83.8% menggunakan Windows.

os platform stat

Keputusan Acer merilis Acer Iconia W510 bisa dibilang tepat. Sebab dengan memakai Iconia PC tablet dengan Windows 8, pengguna akan dimanjakan dengan fitur-fitur yang sudah akrab sebelumnya. Pengguna tak akan menemukan perbedaan antara yang selama ini mereka lihat di laptop atau PC, dengan Tablet. Keterbiasaan mereka dengan Sistem Operasi Windows, rasanya akan menjadikan Acer Iconia W510 sebagai pilihan utama di 2013.

Iconia PC tablet dengan Windows 8 juga memungkinkan pengguna Tablet tak perlu lagi membawa banyak perangkat, karena tablet yang memiliki tampilan layar HD dan performa kencang ini menyatukan fungsi tablet PC dan mini notebook. Pekerjaan dan koneksi sosial akan berjalan lancar. Belum lagi baterai yang mampu bertahan selama 18 jam. Ini benar-benar akan disukai oleh mereka yang sering beraktifitas di luar kantor. Tak perlu lagi membawa Power Bank sebagai obat was-was karena kehabisan baterai, tak perlu mengincar cafe dan resto yang menyediakan colokan untuk charging.

Menariknya lagi, Iconia PC tablet dengan Windows 8 ini dapat dipadukan dengan keyboard docking, sehingga menjadi sebuah mini notebook PC. Tentu saja dengan keyboard docking, pengguna akan lebih nyaman mengetik sebagaimana yang mereka lakukan dengan komputer atau laptop biasa. Namun ada satu hal yang menurut kami merupakan kecerdasan Acer. Mereka menyediakan baterai tambahan di dalam keyboard, ini yang tak dilakukan oleh produsen lain sehingga tablet memperoleh pasokan daya ekstra. Para pengelana (traveller) dan profesional yang sedang melakukan perjalanan bisnis, pasti akan menikmati manfaat ini.

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Lalu bagaimana dengan fungsi utama sebagai Tablet? Sudah pasti apa yang bisa dilakukan oleh tablet lain, dapat dilakukan juga dengan Acer Iconia W510. Tablet PC berbobot 580 gram ini membenamkan prosesor Intel Atom Z2760, Memory 2GB DDR3, Hard Disk 32GB, Intel Graphic Media Accelerator 3650 yang menjamin kompatibilitas seluruh aplikasi berbasis Windows. Konektifitas Tablet berlayar 10.1” ini menyediakan Output HDMI port sehingga mudah dihubungkan dengan printer, hardisk, televisi, dan sebagainya. Berbagi file juga bisa dilakukan dengan ketersediaan port Micro USB 2.0 yang bisa dihubungkan dengan External Hard Drive atau langsung ke notebook.

Apalagi yang biasa ada dalam Tablet konvensional? Kamera! Acer Iconia menyediakan kamera utama 8 Megapixel (autofocus) dan kamera depan 2,1 Megapixel. Untuk kelas Tablet, kamera tersebut bisa dibilang berspesifikasi tinggi. Dengan kemampuan merekam video hingga resolusi FullHD (1080p), pengguna bisa melakukan konferensi video ataupun merekam video. Tentu kemampuan seperti ini akan disukai oleh mereka yang gemar membuat video blogging.

tablet sector to be impacted 2012

Melihat spesifikasi dan kemampuannya, sepertinya Acer Iconia W510 akan menjadi pilihan siapapun dengan beragam minat, hobi, dan pekerjaan. Apalagi jika melihat pengaruh penggunaan Tablet PC pada beragam sektor selama 2012 di atas. Dan boleh jadi karena mempertimbangkan konektifitas dan produktifitas, para pengguna Sistem Operasi Windows yang sempat menggunakan Tablet PC berbasis non-windows, akan memilih Tablet seharga 5 Juta Rupiah ini. [MT]

 

21 comments

Menurutmu?