Drive-Test Jelang Lebaran

Menjelang lebaran, biasanya kita akan mengalami beberapa hambatan dalam berkomunikasi, terutama melalui perangkat mobile. Kadang SMS lambat sampai, sinyal merendah sehingga mengganggu kualitas perbincangan di telepon, ataupun koneksi data yang melelet. Hambatan itu rupanya amat dipengaruhi oleh padatnya trafik dalam satu titik konsentrasi di suatu wilayah.

Untuk memastikan layanan dan kapasitas jaringan yang dapat digunakan dengan baik oleh pelanggan selama Ramadhan dan mudik Lebaran, Kamis (26/7) Indosat mengadakan uji jaringan telekomunikasi selulernya di 2 kota yang menjadi jalur utama kegiatan mudik yaitu Semarang dan Surabaya. Uji jaringan atau drive test bertujuan untuk memastikan bahwa layanan Indosat di wilayah-wilayah yang menghubungkan berbagai daerah tujuan mudik tersebut dapat diakses dan dinikmati pelanggan dengan nyaman, lancar dan tanpa gangguan.

Uji jaringan di lakukan untuk semua layanan Indosat baik suara, SMS maupun data, yang dilakukan di titik-titik dan jalur-jalur padat pemudik. Di Surabaya, Drive Test dilakukan di 3 titik, yaitu Bandara Juanda, yang menjadi penghubung penerbangan dari dan ke wilayah Indonesia Bagian Timur ; Stasiun Gubeng, yang merupakan titik penghubung pemudik dari wilayah Barat ke Timur serta sebaliknya ; dan Kebun Binatang Surabaya, yang dari tahun ke tahun menjadi salah satu tujuan wisata pemudik Lebaran.

Parameter yang diukur antara lain, tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan bila pelanggan melakukan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS oleh pelanggan. Kecepatan pelanggan dalam melakukan browsing data, termasuk video streaming. Beberapa indikator pengukuran tersebut menunjukkan performasi bagus di kedua kota jalur mudik tersebut. Uji jaringan ini dilakukan secara bergerak dan statis.

Hasil dari uji jaringan di Surabaya, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 97.27%, tingkat call drop 0%, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 9 detik. Akses internet yang diambil contoh di Kebun Binatang Surabaya memperoleh hasil rata-rata kecepatan 3.02 Mbps. Download dokumen sebesar 73.67 MB hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 menit, dengan menggunakan perangkat smartphone.

Kegiatan Drive Test ini tidak hanya dilakukan oleh Tim Technical Operational Indosat, tetapi juga melibatkan blogger dan wartawan media mainstrem. Kalangan media diajak untuk menyaksikan dan berdiskusi langsung bersama Bapak Gunung Hari Widodo – Head of Area Indosat Jawa Timur, Ibu Gezang Putri Agung (Pungki) – Division Head Technical Operation East Java & Bali Nusra, dan Bapak Adrian Prasanto – Division Head Public Relation PT. Indosat.

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan, khususnya pada masa mudik lebaran, Indosat meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS peningkatan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, atau 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, peningkatan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, atau sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa.

Gezang Putri Agung – Division Head Technical Operation East Java & Bali Nusra mejelaskan kondisi jaringan Indosat secara langsung pada saat drive test dalam keadaan bergerak (mobile)
Gunung Hari Widodo – Head of Area Indosat Jawa Timur dan Gezang Putri Agung – Division Head Technical Operation East Java & Bali Nusra, melakukan uji jaringan kesiapan Mudik Indosat di Bandara Juanda
Gunung Hari Widodo – Head of Area Indosat Jawa Timur, Gezang Putri Agung – Division Head Technical Operation East Java & Bali Nusra, Adrian Prasanto – Division Head Public Relation PT. Indosat pada saat setelah pemaparan hasil uji jaringan kesiapan Mudik Indosat di Surabaya

Posted from WordPress for Android at Hotel Bumi Surabaya