Kemarin seorang teman bertanya, cara membeli aplikasi di Google Play™ Store dengan pulsa. Aku balik bertanya, lho memang bisa? “Bisa, Te. Itu lagi banyak yang ngoceh di Twitter tentang #beliAppsPakePulsa.” Kabar temanku.

Wah, kalau memang benar bisa, enak dong. Beberapa kali aku kepingin membeli buku di Google Play™ Store, tapi terbentur dengan cara pembayaran melalui Kartu Kredit. Aku segera mencari informasi tentang benar atau tidaknya informasi dari temanku, yang biasa dipanggil Si Erte karena isi Twitnya kebanyakan Retweet Ciapan orang yang diikutinya, atau menyebar berita online yang menurutnya seru meskipun belum tentu benar.

Ternyata Indosat yang memberikan layanan membeli aplikasi pakai pulsa. Layanan tersebut bernama Carrier Billing Indosat dengan Google Play™ Store. Sejak awal Desember 2014 rupanya Indosat menjadi operator pertama yang memberikan layanan belanja yang mudah dan nyaman dibanding menggunakan metode pembayaran konvensional dengan kartu kredit atau kartu debit. Dengan Carrier Billing, pembelian aplikasi, content, game dan buku akan dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan paska bayar Indosat (Matrix). Jelas gampang banget ini.

“Tapi gue udah coba, gagal melulu!” protes Si Erte.

“Tenang, bro. Lu udah atur setting di Google Play™ Store belon?” Selidikku.

“Oh, ada setingane, ye?”

“Dasar, Lu! Yuk kita praktekkin!” Ajakku. Langsung kubuka smartphone-ku yang kata teman-teman bagus banget buat motret. Kupraktikkan langkah demi langkah di depan si Erte.

beliappspakepulsa (1)

Buka Google Play™ Store, pilih My Account. Dari situ segalanya akan beres.

beliappspakepulsa (2)

Selanjutnya pada menu Add Payment Method, pilih Enable Indosat Billing. Ini yang bikin Si Erte gagal belanja. “Belum di-enabel koq langsung belanja. Jelas gagal.” Tegasku.

beliappspakepulsa (3)

Selanjutnya sistem akan melakukan verifikasi ke Indosat. “Nah, kartu lo apa? Indosat bukan?” Tanyaku. Si Erte menggeleng. “Pantes! Kalau baca informasi tuh, teliti. Kan baru Indosat yang bikin layanan kayak gini. Jangan asal nyebar kabar kalo kita sendiri belom bener-bener tau! Kayak zaman copras-capres aja, Lu!” Si Erte nyengir. Tanda menerima nasihatku.

beliappspakepulsa (4)

Isi data sesuai nomor Indosat yang kita pakai. Lengkapi juga alamat yang sesuai dengan data registrasi saat membeli nomor. “Coba lu tes pake alamat asal, Te!” Usul Erte. Wah idenya si Erte boleh juga.

beliappspakepulsa (5)

Setelah formulir terisi, selanjutnya setiap belanja dengan akun Google, kita bisa memilih pembayaran langsung dengan akun Indosat. “Accept, Te!” Si Erte sudah tak sabar rupanya.

 

Dari halaman depan Google Play™ Store, langsung kupilih salah satu buku yang akan kubeli.

kelar belanja 1

“Emang pulsa Lo cukup buat beli harga segitu, Te?” Nggak penting banget pertanyaan Si Erte.

 

“Lo liat aja nanti!” Kenapa gue jawab juga, sih.

kelar belanja 2

Sentuh menu BUY atau BELI, kalau pengaturan smartphone Anda berbahasa Indonesia.

beliappspakepulsa (6)

Langkah selanjutnya adalah mengisi password akun Google sebagai konfirmasi. Kelar.

beliappspakepulsa (7)

Kelar! Buku yang kubeli bisa langsung dibaca. “Berarti hape lu ada pulsanye ya, Te.” Komentar paling nggak penting dari Si Erte.

Apa yang kita belanjakan di Google Play™ Store akan tercatat dalam History. Jadi akan mudah juga mengontrol pulsa kita sudah dipakai belanja berapa banyak.

kelar belanja 3

Yang perlu disadari oleh pembeli konten digital di Google Play™ Store dengan Carrier Billing Indosat, setiap transaksi dikenakan pajak 10%, sehingga harga yang dikenakan kepada pelanggan akan lebih tinggi 10% dari harga yang tertera di Google Play™ Store.

beliappspakepulsa (8)
salah satu halaman buku digital yang dibeli dari Google Play Store

“Nggak masalah, Te soal pajak. Lha kalau kite kagak bayar pajak, negara ini mau diurus pake uang ape? Lha, kekayaan alam negara kita ini udah banyak ditilep sama koruptor! Bangke tuh koruptor, Te!” Kali ini komentar Si Erte cukup penting. Penting banget!

infografik GCB 3