Site Overlay

Membalas Catatan Si Blogger

MT berikut panggilan akrabnya bisa update mulai di busway hingga saat naik pesawat dengan alasan susah tidur. Daripada bengong dan cuma liatin awan dan pramugari, lebih berfaedah membuat draft blog, ungkapnya. Tentu updatenya dilakukan lewat smartphone alias mobile blogging. Gak lucu juga kali ya kalo pake notebook terus update blog di busway. Eh tapi kalo lagi ngejar deadline gak masalah juga sih.

Kapan Waktu Terbaik Ngeblog? ~ Catatan Si Blogger

Pada blognya @harrismaul menceritakan bagaimana setiap blogger punya cara dan waktu khas untuk mengupdate blog. Ya, memang macam-macam, sih. Dia juga menulis kebiasaanku menulis blog. Memang benar aku kerap menulis blog saat dalam perjalanan. Sudah tentu aku pakai smartphone. Kenapa kesannya maksain banget nulis dalam perjalanan? Bukannya maksain, sih. Cuma kadang ide yang tercetus bisa hilang begitu saja kalau tak ditulis secepatnya. Maklum, kita ini orang sudah makin banyak beban ingatannya, jadi gampang lupa.

Oh, iya. Aku menulis postingan ini sebenarnya untuk mencoba plugin yang kudapatkan setelah beberapa menit mencari plugin wordpress yang bisa memenuhi keinginanku. 

Aku ingin membuat postingan balasan atas postingan orang lain. Jadi semacam membalas tulisan dengan tulisan. Jadi bukan sekadar merespon tulisan di kolom komentar blogger tertentu. Kadang mikir sih, gue komentar panjang banget. Sampai lebih dari 4 paragraf. Lha, itu kan sama aja numpang bikin postingan di blog temen. Nah, dari situ kepikiran gimana caranya merespon postingan temen dengan postingan di blog sendiri. Ya, itung-itung nambah postinganlah hehehe….

Akhirnya dapat juga plugin yang namanya PostKind. Namun untuk bisa memasang plugin tersebut, dengan amat terpaksa harus mematikan plugin Guntenberg, sebuah editor terbaru yang diterapkan wordpress. Jadi editor by block harus digantikan kembali dengan editor classic. Caranya? Yang simpel adalah dengan memasang plugin Classic Editor. 

Selain itu, plugin PostKind juga mewajibkan menginstall plugin WebMention. Tujuannya agar kita bisa menanamkan (embed) postingan blog temen di blog kita. Gitu kalau nggak salah. Lalu dengan Post Kinds, otomatis jika kita membalas postingan temen, maka temen itu akan mendapatkan informasi mention dari postingan kita. Ya, sebenernya ada permalink sih, cuma kan aku pengen cari yang baru aja.

Ya, namanya juga coba-coba. Kita lihat saja hasilnya pada postingan ini.

Ternyata percobaan plugin ini gagal. Akismet menolak plugin Post Kinds karena sesuatu dan lain hal hehehe…

pesan error setelah posting pakai editor klasik dan plugin Post Kinds.
padahal fitur dari Post Kinds ini enak banget sih, tinggal isi data dari postingan di blog temen, cuplik quotesnya, bahkan foto empunya blogger tersebut.

Akhrinya aku mikir. Apa mungkin WordPress menyediakan fitur seperti Post Kinds itu pada Editor Guttenberg? Ah, patut dicoba! Dan hasilnya, gagal embedding postingan blog temen. hadeuhhh…

Akhirnya, tetap pakai editor Guttenberg dengan menampilkan quote dan link citation saja. Begitulah. Ya, namanya juga coba-coba. Maklum, aku kan blogger iseng-iseng aja.

5 thoughts on “Membalas Catatan Si Blogger

  1. Hmm kalo di blogspot bisa nggak ya ?
    Setelah ada anak, aku juga jadi ‘ahli’ posting dari hape sambil melakukan hal lain *gubrak*

  2. Menarik sih. Setidaknya membahas sesuatu yang kita baca dari sudut pandang yang lain. Kadang ku melakukannya, tertrigger dari tulisan atau postingan orang tak terbatas platformnya. Jadi bisa twit, IG, fb dsb.

Menurutmu?

Scroll UpScroll Up
error: hubungi bloggernya kalau mau copy. pasti dikasih.
WhatsApp chat
%d bloggers like this: