Asal Muasal Nama Jalan Kalektoran

Penasaran dengan kata KALEKTORAN muncul saat makan bubur haji Zenal Kalektoran. Kata teteh penyaji bubur, sebelum menjadi jalan R. Ikik Wiradikarta, nama jalan sebelumnya adalah Kalektoran.

Setelah kenyang menikmati bubur ayam legendaris di Tasikmalaya itu, aku coba cari informasi tentang asal muasal nama jalan Kalektoran. Rupanya tak kudapatkan kecuali informasi tentang sosok R. Ikik Wiradikarta dari beberapa blog salah satunya blognya Kang Duddy, blogger senior yang tinggal di Tasikmalaya. Rupanya R. Ikik adalah tokoh pers dan juga tokoh Muhammadiyah di Tasikmalaya. Namanya diabadikan sebagai nama jalan, menggantikan jalan Kalektoran.

Masih penasaran karena tak dapat informasi yang memadai soal nama kalektoran, pas kebetulan bertemu dengan Kang Duddy di Al-Baik Ciamis, kutanyakan langsung padanya.

Kang Duddy bilang apa adanya, ia belum tahu cerita yang valid tentang asal muasal atau arti kata kalektoran tapi ia punya buku lawas yang bisa ia baca kembali untuk mencari tahu.

Kami lanjutkan obrolan dengan menduga asal kata kalektoran. Bisa jadi diserap dari kata lektor (lecture, english) yang berarti pengajar, kuliah atau sesuatu yang bermakna terpelajar, intelek atau cendekiawan. Jadi boleh jadi di masa lalu daerah kalektoran merupakan daerah kaum intelektual di Tasikmalaya.

Menurut Kang Duddy, mungkin saja dugaan itu benar karena lokasi tersebut merupakan pusat pemerintahan dan aktivitas perekonomian, pendidikan dan keagamaan, seperti ada Masjid Raya. Mungkin saja.

Kami sadar itu hanya dugaan, jika suatu hari ada informasi yang kredibel maka dugaan kami otomatis tertepis.

Menurutmu?

%d bloggers like this: