Saweran Trilogi Linimassa

Saat yang dinantikan telah tiba. Kini khalayak dapat menikmati film dokumenter Linimassa 3. Film ini merupakan bagian dari trilogi Linimassa. Film pertama, Linimassa 1 yang diproduksi oleh ICT Watch dan Watch Doc mengisahkan bagaimana masyarakat di Indonesia menggunakan internet dan sosial media untuk membuat perubahan dan memberdayakan orang-orang di sekitarnya. Film ini bahkan menjadi bagian dari kurikulum SMA di Australia Barat. Film Linimassa 1 dipakai sebagai materi penunjang mata pelajaran “Indonesia: Second Languange” di tingkat Senior Secondary (setara SMA).

Film Linimassa 2 menampilkan geliat orang-orang yang tak diperhitungkan, namun berperan dalam membangun dan menjaga keamanan lingkungannya. Film dimulai dengan potongan pemberitaan TV tentang konflik di Ambon yang ditimpali oleh blogger setempat melalui media sosial. Mereka mengkritik mainstream media atas informasi yang tak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di Ambon. Sepertinya TV semakin kebablasan mendramatisasi fakta menjadi berita. Gerakan penyeimbang informasi melalui media sosial ini akhirnya dapat menenangkan warga Ambon yang sempat khawatir dan panik terhadap keadaan di kampungnya.

Bagaimana dengan Linimassa 3? Aku sudah menuliskan sedikit catatan untuk film ketiga di blog ini. Di film ini, 5 sutradara, 5 daerah, 5 fakta terangkum dalam 1 film: geliat anak negeri yang memulihkan lukanya sendiri. Karena pada kenyataannya kita memang tak pernah bisa mengandalkan politisi, apalagi penguasa negeri. Kelima sutradara Linimassa 3 memaparkan fakta apa adanya. Mereka memang bukan sutradara yang biasa menggarap film-film laris. Bahkan Linimassa 3 merupakan film dokumenter pertama mereka. Namun bukan itu persoalannya. Bukan tentang sinematografis yang pantas disanjung dengan penghargaan festival film. Bukan tentang soal teknis perfilman, tetapi tentang pesan yang disampaikan secara gamblang.

Kini Trilogi Linimassa tersebut akan dijadikan dalam satu keping DVD.  ICT Watch mengundang teman-teman netizen untuk saweran agar Trilogi ini bisa disebarkan dalam bentuk kepingan DVD Gratis. Individu maupun institusi yang mau saweran akan mendapatkan kompensasi berupa pencantuman namanya dalam credit tittle film Linimassa 3. Kompensasi lainnya dapat dibaca di situs resmi LINIMASSA.ORG.

gerilyawan informasi 600

7 comments

Menurutmu?