Bangga Walau Benga

Pagi itu aku di dalam sebuah angkot menuju terminal. Dua orang penumpang di depanku asyik berbicara. Yang satu membanggakan kehebatan handphone kakaknya yang memiliki fasilitas terkini. Temannya, menjelaskan tentang fungsi blackberry, fasilitas yang membedakannya dengan handset lain, dan tentang provider yang menyediakan paket paling murah. Ia menjelaskan tentang BB milik […]

Bukan Sekedar Guru

Anda bekerja? Pasti jawabannya bukan sekedar ya! Ada tambahan, kalau anda selalu sibuk mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan anda, sibuk mengatasi masalah yang timbul dalam melaksanakan pekerjaan tersebut, dan segala macam jawaban yang menunjukan kalau anda adalah bukan orang yang biasa-biasa saja. Setiap pekerja atau karyawan, dimanapun dia bekerja atau […]

pergulatan hidup

Anda tak bisa memaksa agar teman di sekitar Anda mau mengerti dengan apa yang Anda inginkan. Bisa jadi malah mereka cenderung menganggap Anda adalah orang yang aneh, sombong, bahkan menjadikan mereka enggan berdekatan. Ini adalah situasi yang bisa saja dihadapi oleh setiap orang, terutama mereka yang berada pada posisi paling […]

Ngepet

“Duitlu hilang lagi?” tanya Tatox kepada Nawi yang tengah malam begini masih membongkar laci, tas, dan segala yang berbentuk kantung, di mejanya. “Nggak. Stapless, lu liat nggak? Stapless gue yang gede!” Jelas Nawi. “Kalo nggak salah sih, kemarin dipake O-Jack! Lu bangunin aja dia.” “Nggak usah deh, biar gue cari […]

Nyawa Kata

Dalam pergaulan hidup kita akan menemukan masalah. Kadang kita kecewa dengan perilaku teman, kadang teman tak menyukai sikap kita, dan ada juga yang memang sengaja men­éken kontrak konflik. Apakah masalah-masalah yang kita alami bisa diselesaikan dengan permohonan maaf?Pernyataan maaf itu adalah sebuah perbuatan sakral. Kuanggap sakral karena maaf ternyata bukan […]

Mancing di Selat Sunda

Sebelum ke Baduy, aku menyempatkan diri bersama teman-teman mancing di laut. Kami memakai perahu nelayan punya temanku. Beberapa membawa perlengkapan masing-masing. ada yang bawa beras, kompor gas kecil, panci, pancingan, dan peralatan standar lainnya. Bahkan ada juga yang bawa pelampung (hihihi… banyak juga yang nggak bisa renang). Bahkan satu orang […]

Catatan Dari Kereta Rakyat Jelata

terlalu banyak orang yang janjikan keadilan entah berapa orang yang janjikan kesejahteraan masih ada saja yang janjikan tegaknya hukum sambil terkekeh di belakang meja sebab bangsa ini mudah sekali dibohongi aparat hukumnya mudah dibekali pengusahanya tak pernah benar-benar peduli aparat keamanannya bisa dibeli politisinya hobi main koalisi yang penting kebagian […]

Hanya Sebuah Kejujuran

Bila tidak salah untuk menyatakan apa adanya tentang peristiwa yang terjadi, baiklah aku akan menyatakannya untukmu. Tapi tolong pengakuanku ini jangan dipublikasikan. Sebab aku tak mau orang-orang tahu tentang kesepakatan-kesepakatan yang telah aku buat dengan para sahabatku hingga aku tetap bebas melakukan kejahatan itu. Pertama, tentang kematian direktur itu. Aku […]

Lepas Kontrol

“Kadang manusia suka lepas kontrol!” kata mang Odon, sambil menyandarkan tubuhnya ke badan kursi. Di tangan kanannya terlipat sebuah koran harian Media Purbadewa yang baru selesai dilalapnya buat breakfast pagi ini. Begitulah gayanya setiap pagi, sebagai masyarakat informasi, tidak mau ketinggalan kereta… eh berita. Kalau kita tidak menyimak informasi, bagaimana […]

Got

Di Jakarta, sepanjang perjalananku, kulihat banyak selokan di setiap sisi jalan. Yang besar maupun yang kecil. Selokan atau got adalah satu-satunya cara atau tempat yang tepat untuk mengaliri air pembuangan dari rumah-rumah, perkantoran, pusat perbelanjaan, WC umum, dan semua tempat yang di dalamnya dibutuhkan air oleh penghuninya.  Kalau begitu adanya […]

Memimpin Tanpa Lelah

MEMIMPIN TANPA LELAH Pekerjaan memimpin manusia dalam suatu organisasi atau apapun bentuknya, dimaklumi sebagai pekerjaan yang sulit dan melelahkan. Lelah dalam memberikan pemahaman, pengarahan, bimbingan , dan lelah dalam menjawab sikap ataupun paduan suara yang bernada kritik. Entah kritik pedas, kritik asin, kritik singkong, kritik kacang, ataupun kritik udang. Bagi […]

Depresi

Mereka yang begitu pandai sekali menerka hati seseorang walaupun banyak salahnya. Mereka menganggap dirinya sebagai orang suci yang selalu bisa menyelesaikan setiap persoalan walau bukan persoalannya. Mereka merasa hanya mereka yang memiliki pengalaman hidup yang kaya, spiritualis, dan riil. Dan puncak kebodohan mereka adalah mengganggu hubungan antara seseorang dengan Tuhannya, […]