Ukulele dari Kardus Bekas

Tugas Prakarya, minggu depan dikumpulkan. Raztan mengajakku diskusi bikin prakarya apa. Syaratnya dari barang bekas.

Awalnya kami mau memanfaatkan botol plastik bekas air mineral. Tapi setelah didiskusikan, kami sepakat, kayaknya banyak yang bikin pakai botol plastik seperti itu. Ubah rencana!

“kita kan punya kardus bekas kulkas. Dibikin apa ya?” tanya Raztan.

“Kalo kardus sih lebih gampang. Mau bikin apa aja bisa.” jawabku, sambil mikir bikin apa.

“bikin ukulele aja yuk!” ajaknya. Dan aku pun setuju. Yokita kemon!

Bahan-bahan:

  • Kardus
  • Pensil
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem
  • Cat + Kuas + Thinner
  • Benang/Kawat buat senar
  • Batang Eskrim

Langkah-langkah:

  1. Pada salah satu bagian kardus, gambar ukulele buat patokan.
  2. Cutting/gunting model ukulele tersebut. Kalau sudah, jadikan model itu jiplakan untuk membuat empat model ukulele dengan ukuran sama. Kenapa 4? Buat dilapiskan agar tebal dan kokoh.
  3. Cat ukulele bagian depan dan belakang. Sediakan thinner untuk membersihkan kuas jika kuasmu terbatas dan catmu lebih dari satu warna.
  4. Tempelkan 3 lapisan ukulele. Lapisan permukaan jangan ditempel dulu ya
  5. Pada lapis pertama, pasang benang/kawat yg seolah sebagai senar ukulele
  6. Tempelkan lapis pertama dengan 3 lapisan yg sudah melekat sebelumnya. Jadi deh
  7. Boleh juga finishing lagi dengan cat sesuai selera.

Berikut foto-fotonya…

Begitulah akhirnya kami menyelesaikan ukulele dari kardus bekas selama berakhir pekan ini.

Selamat mencoba!

6 Responses

  1. Anak yang dapet tugas, bapeke kecipratan juga, wkkk
    Selalu begitu ya, dulu aku pun begitu. Minta bantuan ayah klo ada tugas dari sekolah. 😀

        1. Yg berisiko aja, cuuting, potong kawat, dan ngencengin kawatnya. Kalo gambar, ngecat, ngelem, dia sendiri dong, sebab ogah kena cat jari-jariku ???

Menurutmu?

Back to Top
%d bloggers like this: