Si Bule Lebih Suka Batik

“Saya lebih suka memakai batik, selalu kelihatan keren, resmi, tetapi santai. Kesukaan saya ini membuat iri teman-teman saya yang datang dari luar negeri. Mereka meeting dengan saya dengan memakai Jas, sedangkan saya memakai batik.” Demikian ungkap Erik Meijer, Director & Chief Commercial Officer Indosat, pada Acara Peringatan Hari Batik Nasional 2012 di Kantor Pusat Indosat, Jakarta.

Seperti kita ketahui, 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional, dimana pada saat itu kita rakyat Indonesia dihimbau untuk mengenakan batik dalam beraktifitas. Paling tidak, mewujudkan ekspresi nasionalisme. Walaupun pada kenyataannya tidak semua orang mengenakan batik pada hari itu, tetapi fakta pula bahwa selain hari itu pun banyak rakyat Indonesia yang gemar mengenakan batik. Rutin malah.

Sebagai ekspresi nasionalisme, Indosat pun memperingati Hari Batik Nasional kali ini dengan menelurkan beberapa program. Yang paling melibatkan banyak orang adalah program Donasi untuk Yayasan Batik Indonesia. Kita semua bisa terlibat hanya dengan mengisi pulsa nominal berapa saja dan Indosat akan menyisihkan Rp.50 untuk donasi tersebut. Target terendah akumulasi penyisihan donasi tersebut adalah Rp.200 juta.

Agak kaget juga saat aku sampai di depan gedung Indosat. Kulihat gedung tersebut diselempangi scarf batik raksasa. Ukurannya lumayan besar, 160m x 10m. Batik pada scarf tersebut bermotif Sekar Nam Bamboo, yang memiliki filosofi saling bersatu, bekerjasama sehingga menghasilkan bunga sebagai suatu hasil yang menyenangkan.

Program lain yang bisa diikuti oleh masyarakat adalah Batik Photo Competition. Nah, para blogger yang demen motret bisa ikutan nih. Kompetsi mengharuskan peserta mengunggah foto diri dengan menggunakan batik ke facebook. Setiap minggu, foto yang mendapatkan “like” terbanyak akan mendapatkan hadiah 1 unit iPhone 4S. Kompetisi ini berlangsung hingga 28 Oktober 2012. Masih lama. Ikutan ya!

Program lain dari Indosat dalam rangka Hari Batik Nasional adalah Vas edisi Batik yang berisikan wallpaper batik dengan motif yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Akses saja melalui *123*3*5#. Hingga 28/10/12 pengakses akan mendapatkan diskon 50% dari tarif normal.Β 

Kembali ke Si Bule Erik Meijer, ia sempat bercanda usai memimpin launching program Indosat di atas. Ia bilang, istrinya kadang protes padanya karena setiap jalan-jalan, ia selalu menyempatkan diri membeli batik. Sejak pertama melihat batik, ia langsung suka. Ketika ia mengetahui proses pembuatan batik (tulis), ia malah makin jatuh cinta dengan batik. Wajar jika ia juga menghadirkan sosok pembatik, Ibu Maesaroh, di area utama peringatan hari batik nasional.

“Pakai jas itu gerah, kalau batik adem!” Kata Erik Meijer menutup obrolan.

Direksi Indosat foto bareng Bu Maesyaroh. Foto: Dian Kelana

Biar bisa melihat langsung suasana di lokasi, tonton reportasenya aja!

2 thoughts on “Si Bule Lebih Suka Batik

Menurutmu?

%d bloggers like this: