Kroasia, Kuda Hitam yang Lelah

Kroasia, tim yang digadang-gadang sebagai salah satu kuda hitam di EURO 2024, tengah terseok-seok di Grup B yang dijuluki “grup neraka”. Dihuni tim-tim kuat seperti Spanyol dan Italia, Kroasia harus bekerja keras untuk meraih tiket ke babak 16 besar.

Penampilan Lemah di Awal Turnamen

Kroasia mengawali turnamen dengan performa yang kurang meyakinkan. Pada matchday pertama, mereka takluk 0-3 dari Spanyol. Tim asuhan Zlatko Dalic tampil inkonsisten dan mudah dibongkar oleh permainan taktis Spanyol.

Di matchday kedua, Kroasia berhasil bangkit dengan menahan imbang Albania 2-2. Gol penentu Nikola Vlasic di menit ke-90+6 menyelamatkan mereka dari kekalahan.

Analisis Performa Kroasia:

  • Kekuatan: Kroasia masih memiliki pemain senior berpengalaman seperti Luka Modric dan Ivan Perisic. Mereka juga memiliki pemain muda bertalenta seperti Josko Gvardiol dan Nikola Vlasic.
  • Kelemahan: Kroasia terlihat kesulitan dalam membangun serangan dari lini belakang. Mereka juga kurang efektif dalam memanfaatkan peluang.
  • Kurangnya Kreativitas: Di lini tengah, Kroasia kekurangan sosok playmaker yang kreatif untuk mengatur tempo permainan.
  • Ketidakstabilan Pertahanan: Pertahanan Kroasia terlihat rapuh, terutama saat menghadapi tim-tim dengan serangan balik yang cepat.

Perbandingan dengan Pencapaian EURO Sebelumnya:

  • EURO 2020: Kroasia lolos ke babak 16 besar, namun langkah mereka terhenti di tangan Spanyol.
  • EURO 2016: Kroasia mencapai babak perempat final, sebelum dikalahkan oleh Portugal yang saat itu menjadi juara.

Prediksi Peluang Lolos:

Peluang Kroasia untuk lolos ke babak 16 besar masih terbuka. Namun, mereka harus meraih kemenangan di matchday terakhir melawan Italia dan berharap hasil di pertandingan lain menguntungkan mereka.

Kunci Lolos:

  • Meningkatkan Performa Lini Tengah: Kroasia perlu menemukan cara untuk membangun serangan dengan lebih efektif dan kreatif dari lini tengah.
  • Memperkuat Pertahanan: Pertahanan Kroasia perlu lebih solid dan disiplin untuk mencegah kebobolan gol.
  • Menjaga Semangat Juang: Pemain Kroasia harus menunjukkan semangat juang dan pantang menyerah seperti yang mereka tunjukkan di matchday kedua.

Jalan Kroasia di EURO 2024 masih terjal. Namun, dengan kerja keras dan strategi yang tepat, bukan hal yang mustahil mereka kembali bersinar di turnamen ini.

Author: MT

Menurutmu?