Kelaparan di UKI Cawang

Lapar dalam perjalanan adalah kejadian yang kurang menyenangkan. Apalagi jika tujuan perjalanan masih jauh, malam makin larut, dan uang cekak (pas-pasan). Jika kita mengalami keadaan seperti itu, harapannya adalah mendapatkan makanan murah tapi mengenyangkan. Nah, jika kebetulan berada di UKI Cawang, tak usah khawatir. Ada yang menyediakan makanan berat dengan harga ringan.

Beberapa kali saat lapar, aku makan di lapak makan malam Bu Dewi jika perjalanan pulang dari Jakarta ke Bogor mengharuskanku lewat UKI Cawang. Lapak di Jalan Gereja UKI ini, selain harganya yang murah, lauknya pun beragam. Kalau soal rasa, silakan dicoba. Bertahannya Lapak Bu Dewi lebih dari 3 tahun di UKI Cawang adalah bukti dari banyaknya orang yang makan di situ.

Jualan makanan matang seperti yang dilakukan Bu Dewi sebenarnya melelahkan. Ia harus belanja sejak pagi. Belum lagi mengurus anak-anaknya. Siang hingga petang ia mulai masak. agar saat maghrib sudah bisa membuka lapaknya. Tapi kelelahan menjalankan pekerjaan sudah risiko yang disadari Bu Dewi. Perempuan yang setiap “ngomong” selalu diselingi tertawa atau senyum ini pantang mengeluh. 

Hidup udah capek, mas. Kalo ditambah ngeluh, ya tambah capek!” Jawabnya sambil menyiapkan pesanan seorang perempuan yang baru pulang kerja. Rupanya banyak juga pelanggan Bu Dewi dari kalangan pekerja yang kost di sekitar UKI Cawang ini. Selain mereka, yang biasa makan di lapak Bu Dewi adalah mereka yang menunggu Omprengan menuju Bogor atau Ciawi berangkat. Kalau tukang Ojeg dan sopir Omprengan yang memang mangkal di situ, sudah pasti menjadi langganan prioritas. 

Bagi yang mau mencoba masakan Bu Dewi, cobalah ke Jl. Gereja UKI. Lokasinya gampang dicari. Silakan lihat peta tersedia.

 

4 thoughts on “Kelaparan di UKI Cawang

Menurutmu?

%d bloggers like this: