Mataharitimoer Mt

Menghadapi semangat muda yang penuh dengan protes dan pemberontakan memang menyita waktu. Bagaimanapun mereka masih dikuasai oleh heroisme. Meskipun pergulatan hidupnya belum membentuk kedewasaan sikap. Ketika mereka diberi kesempatan untuk berbagi kewenangan dan tanggung jawab dengan penjelasan akan masalah dan tantangan yang dihadapi organisasi, biasanya hanya tersenyum saja. Beberapa orang...

More
  • 04/07/2009
  • 3

Ini kali kedua aku menjadi tamu di Kantor Balai Pemasyarakatan di sebuah kota (kusensor lokasinya biar gak dipidanakan! :p ). Kedatangan pertama adalah sekedar mengantarkan surat dari Penjara Khusus Narkoba. Surat itu berisi permohonan untuk dibuatkan LITSUS (Penelitian Khusus) seorang narapidana yang mendapatkan jatah Pembebasan Bersyarat. Pada pertemuan pertama itu,...

More
  • 19/06/2009
  • 4

Seorang Da’i (pengajar agama islam) dari Negara Tetangga se-Asean, datang untuk yang kesekian kalinya ke “rumah” kami. Maaf tak kusebut nama negaranya sebagai upaya melindungi privasi tamu kami. Sejak kedatangannya, ia tiada henti bercengkrama, bertukar pikiran, sharing pengalaman, hingga eksplorasi spiritual. Selesai berdialog pada malam pertama, ia melanjutkan “pencariannya” dengan...

More
  • 15/06/2009
  • 3

Di Cirebon, tepatnya di warung nasi depan Masjid Sunan Gunung Jati, aku sarapan pagi. Jam 06:06 di mejaku telah tersaji teh manis dengan gula batu. Sebelumnya aku mengira akan mendapatkan teh manis dengan gula pasir biasa, tapi setelah melihat bongkahan kristal di dalam gelas tehku, ternyata gula batulah yang membuat...

More
  • 11/06/2009
  • 3

Dalam suatu komunitas, ada saja orang yang senang menanggapi suatu kejadian dari sisi negatifnya saja. Mungkin dengan begitu, mereka merasa lebih tahu, bahkan dari orang yang mengalami masalahnya sendiri. Hebatnya lagi, pergunjingan negatif, biasanya lebih cepat menyebar ketimbang obrolan positif. Inilah kecenderungan yang terbangun dalam masyarakat kita. Nyaris setiap hari,...

More
  • 06/06/2009
  • 5

Kesadaran akan keberadaan Tuhan sangat menentukan perilaku seseorang. Orang yang menyadari, bahkan merasakan, kalau eksistensi Tuhan itu menembus ruang dan waktu, ia tak akan berani melakukan sesuatu yang merugikan dirinya. Apalagi merugikan orang lain. Orang yang seperti itu selalu yakin, kapanpun, di manapun, Tuhan selalu menyertainya. Bahkan ketika ia baru...

More
  • 16/05/2009
  • 15

Pagi itu aku di dalam sebuah angkot menuju terminal. Dua orang penumpang di depanku asyik berbicara. Yang satu membanggakan kehebatan handphone kakaknya yang memiliki fasilitas terkini. Temannya, menjelaskan tentang fungsi blackberry, fasilitas yang membedakannya dengan handset lain, dan tentang provider yang menyediakan paket paling murah. Ia menjelaskan tentang BB milik...

More
  • 14/05/2009
  • 13

Anda bekerja? Pasti jawabannya bukan sekedar ya! Ada tambahan, kalau anda selalu sibuk mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan anda, sibuk mengatasi masalah yang timbul dalam melaksanakan pekerjaan tersebut, dan segala macam jawaban yang menunjukan kalau anda adalah bukan orang yang biasa-biasa saja. Setiap pekerja atau karyawan, dimanapun dia bekerja atau...

More
  • 08/05/2009
  • 4

Anda tak bisa memaksa agar teman di sekitar Anda mau mengerti dengan apa yang Anda inginkan. Bisa jadi malah mereka cenderung menganggap Anda adalah orang yang aneh, sombong, bahkan menjadikan mereka enggan berdekatan. Ini adalah situasi yang bisa saja dihadapi oleh setiap orang, terutama mereka yang berada pada posisi paling...

More
  • 20/04/2009
  • 11

“Duitlu hilang lagi?” tanya Tatox kepada Nawi yang tengah malam begini masih membongkar laci, tas, dan segala yang berbentuk kantung, di mejanya. “Nggak. Stapless, lu liat nggak? Stapless gue yang gede!” Jelas Nawi. “Kalo nggak salah sih, kemarin dipake O-Jack! Lu bangunin aja dia.” “Nggak usah deh, biar gue cari...

More
  • 03/02/2009
  • 1

Dalam pergaulan hidup kita akan menemukan masalah. Kadang kita kecewa dengan perilaku teman, kadang teman tak menyukai sikap kita, dan ada juga yang memang sengaja men­éken kontrak konflik. Apakah masalah-masalah yang kita alami bisa diselesaikan dengan permohonan maaf?Pernyataan maaf itu adalah sebuah perbuatan sakral. Kuanggap sakral karena maaf ternyata bukan...

More
  • 18/12/2008
  • 4