Kembali Menguji Layanan Publik

 

Jamak kita lihat bahasa iklan yang terpampang di media cetak, digital, bahkan papan reklame di jalan, menyiratkan janji yang muluk buat pelanggannya. Semuanya ingin menjadi yang nomor satu dibandingkan brand kompetitor. Lalu bagaimana membuktikan bahwa iklan tersebut sesuai dengan kenyataan?

Salah satunya adalah dengan menguji secara terbuka apa yang diiklankan brand tersebut. Ini yang dilakukan oleh Indosat kala mengajak orang-orang media (blogger dan media arus utama) dalam Media Tour Experiencing Indosat Superwifi, di Jakarta (11/4). Bagiku, ini adalah kesempatan ketiga diundang Indosat untuk menguji kemampuan jaringannya. Dulu, aku diajak ke Surabaya untuk menguji jaringan Indosat sebelum musim mudik lebaran tiba. Lalu saat Indosat Jabotabek meluncurkan Indosat Superwifi di Pajajaran Tom Yum, Bogor.

Yang menurutku cukup fair, dalam uji coba jaringan tersebut adalah, kita bebas memberikan laporan atas hasil uji coba yang didapat. Jadi, proses pengujian tidak dilakukan dengan satu perangkat milik Indosat, tetapi semua orang dipersilakan menggunakan gadgetnya masing-masing. 

Media Tour Experiencing Indosat Superwifi kali ini dilakukan di 4 titik. Mulai dari Kantor Pusat Indosat (KPPI), Stasiun Gambir, Sevel Menteng, dan Halte Busway GOR Sumantri.

Skenario uji coba jaringan kali ini cukup unik. Semua awak media diajak keliling ke titik jaringan Indosat Superwifi berkendara Cyber Bus, lengkap dengan Pilot dan Pramugari yang akrab dan santun. Menawan! 

Layanan Indosat Super Wifi yang diluncurkan sejak Oktober 2012, sampai saat ini sudah mencapai 2.600 titik lokasi. Ketersediaan Indosat Superwifi ada di beberapa tempat nongkrong, seperti cafe, mart, dan restoran; public area seperti stasiun, terminal, pasar, kampus, hotel, dan rumah sakit.

“Ke depan Indosat akan menambah 100 titik setiap minggunya, hingga sampai akhir tahun ini, kami berharap bisa mencapai 5.000-6.000 titik.” Ungkap President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli saat melepas keberangkatan media dari Kantor Pusat Indosat.

Titik pertama selepas dari KPPI adalah Stasiun Gambir. Sharif Mahfoedz, Division Head Data Services Indosat, menyampaikan, pemilihan stasiun merupakan cara Indosat untuk memberikan akses superwifi kepada pengguna kendaraan umum. Sudah menjadi kebiasaan, saat menunggu kereta datang dan berangkat, masyarakat memanfaatkan gadgetnya untuk berinternet. Di Stasiun Gambir, hasil uji coba jaringan dengan Speedtest.net mencapai angka Ping 15 ms, Download 8176 Kbps dan Upload 4542 Kbps. 

Perjalanan selanjutnya membawa awak media ke Sevel Menteng. Di tempat nongkrong ini  bukan sekadar petinggi Indosat yang bicara, tetapi juga pengelola Sevel. Dalam testimoninya, pengelola Sevel Menteng menyatakan, sebelum bekerja sama dengan Indosat untuk memasang Superwifi, sering banget ia mendapatkan complaint dari pelanggan saat jaringan wifi yang sebelumnya lelet atau pun mati. Ketersediaan Superwifi di tempatnya amat memengaruhi jumlah pengunjung toko yang kebanyakan dijadikan tempat nongkrong anak muda di Jakarta. Kebetulan pula saat itu ada sekelompok anak sekolah yang sedang online menggunakan laptopnya, memakai Indosat Superwifi. Mereka girang karena bisa menonton Youtube dengan lancar.

Lokasi terakhir pengujian adalah di Halte Busway GOR Sumantri. Ini adalah salah satu dari beberapa koridor Busway yang telah dipasang Indosat Superwifi. Pertimbangannya sama dengan pemasangan akses superwifi di Stasiun Gambir. Ke depan, semua koridor Busway akan menyediakan akses Indosat Superwifi. Di halte ini, kami menguji Indosat Superwifi dengan menonton streaming dari Metro TV. Hasilnya, lancar jaya!

Usai tanya jawab seputar kualitas Indosat Superwifi di Halte Busway GOR Sumantri, kami melanjutkan perjalanan ke Restoran Sarikuring di SCBD untuk makan siang dan berbincang santai bersama Director & Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer. “Tujuan dari program Experiencing Indosat Superwifi adalah untuk mendapatkan masukan dari kalangan media secara langsung, sebagai bagian dari strategi peningkatan dan pengembangan layanan.” papar Erik Meijer, sebelum membagikan 10 smartphone kepada 10 perwakilan media yang beruntung dalam pengundian doorprize. Nah, untuk soal doorprize, aku termasuk yang sering kurang beruntung. #eaaa

Indosat Superwifi memberikan layanan internet unlimited dengan kecepatan hingga 20 Mbps untuk pelanggan prabayar dan paskabayar Indosat secara GRATIS, selama masa promo. Untuk dapat mengakses Superwifi, pengguna yang memakai SIMcard Indosat tak perlu mengisi username dan password, jadi otomatis terhubung (seamless). Kalau mau lebih gampang, download saja aplikasi Indosat Superwifi di GooglePlay bagi pengguna Android. Tinggal pasang, lalu klik Connect, nyambung!

Bagi pelanggan yang gadgetnya tak mendukung teknologi EAP-SIM (selain Android, Blackberry, Apple IOS, dan Windows Phone) juga dapat menikmati Indosat Superwifi dengan mode SuperwifiWEB. Cukup kirim SMS berisi SUPERWIFI ke 363, untuk mendapatkan password. Yang kedua ini sering kulakukan jika mengakses Superwifi pakai laptop.

Oya, kalau bisa sih jangan cuma pakai layanan Indosat Superwifi aja. Ikuti juga lomba blog tentang pengalaman kita memakai layanan publik tersebut. Hadiahnya mantap! Baca informasinya di halaman ini: Indosat Superwifi Blog Competition.

cuma blogger yang sempat bergaya di kala kerja, hahaha