Cari Bocoran Sebelum Jalan-jalan

Berwisata atau jalan-jalan merupakan kegiatan menyenangkan yang dilakukan banyak orang. Apalagi bagi para pekerja yang setiap hari menekuni rutinitasnya. Wisata menjadi agenda yang tak pernah terlewatkan setiap musimnya. Namun ada satu hal yang kadang membuat wisata yang seharusnya menyenangkan, menjadi kegiatan yang tak enak untuk dinikmati. Misalnya tak mendapatkan kepastian tempat bermalam, tarif hotel dan jasa transportasi di luar dugaan, dan hal-hal sepele lainnya yang membuat liburan jadi tak mengasyikkan.

Ketidaknyamanan perjalanan wisata sebenarnya bisa dihindari apabila kita merencanakan dengan matang. Misalnya saja kita akan berlibur ke beberapa negara di kawasan Asia dan Eropa. Rencanakan dan tetapkan beberapa hal yang diperlukan, seperti jadwal dan tarif penerbangan, membandingkan hotel, tempat kuliner, dan segala macam hal-hal sepele terkait urusan kita selama berwisata. 

Bagaimana persiapan wisata itu direncanakan? Apakah kita harus bertanya satu-persatu kepada biro perjalanan, agen wisata, atau pun teman yang pernah berwisata ke tempat yang akan kita tuju? Tak ada salahnya, tetapi boleh jadi akurasi data yang teman kita berikan berkurang karena perkembangan yang kian cepat. Untuk menghubungi biro wisata yang beragam juga membutuhkan waktu yang cukup menyita. Mencari informasi dan data yang cepat tentu bisa kita lakukan melalui internet.

Tetapi melakukan pencarian di internet kadang malah membuang-buang waktu juga. Selain terlalu banyak situs yang memberikan informasi tentang wisata dan tetek-bengeknya, akurasi datanya kadang tak kurang valid. Jika kita mengalami hal yang demikian, berarti harus mencoba mencari, merencanakan, dan memilih jalur wisata melalui situs yang terpercaya.

Wego adalah salah satu mesin pencarian wisata paling lengkap di dunia. Wego memuat perbandingan data real-time dari jasa penerbangan, tarif hotel, serta ketersediaan tempat milik ratusan situs perjalanan wisata terkemuka yang dikemas dalam satu tampilan layar yang simpel. Dengan Wego kita bisa menghemat waktu, biaya.

Hemat Waktu

Wego memungkinkan pengguna internet membuka informasi dari situs perjalanan wisata dan ranah internet yang luas dan tak terbatas hanya dengan menekan satu tombol klik. Pencari tak perlu lama menunggu hanya untuk mendapatkan, misalnya, kamar resor bintang lima di Bali pada bulan Agustus. Program Wego juga memungkinkan pengguna menemukan data tarif penerbangan paling murah ke Los Angeles cukup dengan satu klik mouse saja.

Hemat Uang

Aplikasi penjelajah Wego bisa membuka ratusan harga terbaik dan tarif termurah sesuai dengan tanggal yang dicari. Pengguna bisa lebih cepat mengecek ketersediaan kamar dan tiket pesawat, jadi nggak perlu membuang waktu untuk menelusuri informasi.

Bocoran

Mengetahui kesan orang lain terhadap lokasi wisata yang akan kita kunjungi penting banget. Istilah lazimna adalah bocoran informasi. Nah, Wego mengumpulkan urutan hotel terbaik berdasarkan penilaian konsumen. Saat sedang mempertimbangkan akomodasi, pengguna bisa mengintip ulasan dari mereka yang sudah pernah menginap atau menggunakan jasa akomodasi tersebut. Wego juga menampilkan daftar hotel berdasarkan urutan popularitas. Kita bisa mengetahui berapa pengguna Wego yang telah memilih akomodasi tersebut sebelumnya.

Wego baru kuketahui saat muncul di Social Media Festival 2012 kemarin. Pada event tersebutlah Wego memperkenalkan diri kepada pelaku media sosial di Indonesia. Yang menarik saat itu adalah, Wego menampilkan sebuah video unik tentang destinasi travel yang diberi nama #IniIndonesia.  Keunikan dari video ini terletak pada proses pembuatannya. Tidak datang dari ketiga penggagas video tersebut (Wego, DSLR Cinematography Indonesia, dan Dive Indonesia) melainkan dari para followers di Twitter. 

#IniIndonesia adalah sebuah video travel singkat yang menunjukkan tempat-tempat menarik di seantero nusantara. Semua lokasi pengambilan gambar dari video travel #IniIndonesia merupakan usulan para follower Wego di Twitter. Bagaimana caranya? Sebelum proses produksi dimulai, @WegoID, @DiveID, dan @DSLRcinemaindo bersama-sama menanyakan lokasi-lokasi menarik di Indonesia kepada followers, sekaligus menanyakan alasan mereka. Usulan itu lah yang diwujudkan dalam bentuk sebuah audio dan visual. Keren banget!

“Sebetulnya bukan sekali ini saja Wego Indonesia menggandeng komunitas lokal untuk memproduksi video travel. Pada Juni 2012, Wego Indonesia pernah bekerjasama dengan komunitas perjalanan Hifatlobrain Travel Institute. Hasilnya, video travel Vaastu yang ditonton secara online oleh ribuan orang. Nah, Kali ini kami sengaja berkolaborasi dengan DSLR Cinematography Indonesia dan Dive Indonesia untuk membuat video unik tentang destinasi Indonesia. Kami berharap video unik ini bisa menunjukkan kekayaan, keragaman dan keindahan destinasi lokal. Sehingga mampu menginspirasi orang muda Indonesia untuk lebih bersemangat mengeksplorasi negeri sendiri,” kata Managing Director Wego Indonesia Graham Hills

Misi Wego Indonesia patut diacungi jempol. Mereka tak akan berhenti mengenalkan destinasi-destinasi baru di Indonesia, membuat orang lebih sering melakukan perjalanan di negeri sendiri. Kini traveler Indonesia dapat merencanakan perjalanan dengan semangat “save time, pay less, travel more