Category: cerita

Ngetes, Alasan Cupu

Banyak netizen terpancing kreativitasnya gara-gara pernyataan Kepala BSSN, Djoko Setiadi usai dilantik Presiden. Netizen kita memang responsif, reaktif, dan kreatif. Apa lagi ketika mengetahui pernyataan Kepala BSSN tentang Hoax Membangun. Sebuah pernyataan yang terkesan “nggak banget” deh sebagai kepala sebuah lembaga yang berada langsung di bawah Presiden.  Aku gak tega kalau sampe bilang, Djoko Setiadi […]

Indikasi Keseruan Gosip

  Hayo siapa yang senang bergunjing? Pasti banyak yang nggak mau mengakuinya, meskipun mengisi waktu dengan menggunjingkan orang lain sudah jadi rutinitas harian. Ada saja yang setiap hari senang bergosip. Pagi, siang, bahkan malam pun diisi dengan gosip atau bergunjing. Jika tak bisa kumpul untuk bergosip, ada aplikasi chatting. Bisa aja japrian atau bahkan memang […]

Ini Uang Siapa

  Jika kamu menemukan uang di jalan atau saat sedang bekerja, atau menemukan smartphone saat baru duduk di taksi, apa yang kamu pikirkan? Apakah uang atau smartphone tersebut kamu anggap sebagai rezeki yang datang dari langit untukmu? apakah kamu akan biarkan? Mengumumkan di media sosialmu agar pemiliknya dapat menemukannya kembali? Atau, mungkin kamu malah bimbang […]

Penjual Kerupuk Tuna Netra

Pagi itu aku bertemu kembali dengannya. Ia biasa berdiri di lorong halte busway Durikepa. Ada dua macam kerupuk yang ia jual; kerupuk bangka; dan kerupuk kulit. Harganya sama, sebungkus cuma limabelas ribu Rupiah. Kupetik dua bungkus kerupuk yang diikat tali rafia pada tongkat pegangannya. uangku 50 ribu. Seperti biasa, ia mengeluarkan uang dari sakunya dan […]

Cita-cita Kusni

“Laper bisa bikin orang miskin nekad, tapi kalo rakus memang udah tabiatnya orang kaya yang korup. Mereka nggak pernah kelaperan, tapi tetep aje rakus. mangkanya tetep korupsi! Tapi kita-kita yang miskin tapi nekad, yang selalu disalahin, dijedodin ke tembok, ditangkep, bahkan kalo perlu didor!” Umbar Kusni, abang ojek yang sepanjang jalan senang bercengkrama denganku.  Entah bagaimana mulanya obrolan sampai […]

2015, Negara Gagal

Memasuki tahun baru, warga kampung Kapitan, kecamatan Gusuran, Jakarta sebelah sonoan, nggak punya harapan baru. Orang-orang bilangnya resolusi. Bang Namun kagak percaya sama resolusi-resolusian. Apa lagi kalau yang bikin resolusi tokoh masyarakat atawe pejabat publik. “Jangan kate resolusi, lha revolusi aje dikhianatin! Matirabit dah pejabat di mari…” Bang Namun membuka obrolan sambil mencukur rambutku. “Mengkhianati […]

Allah dan Bulu Ketek

Orang dewasa mungkin tak pernah memikirkan korelasi antara Allah, Tuhan Maha Pencipta dengan Bulu Ketek (ketiak). Mungkin bagi bocah yang belum genap sebulan masuk Taman Kanak-kanak (TK) seperti Miki, Allah dan Bulu Ketek ada kemenarikannya. Rupanya di TK, Miki baru belajar tentang Allah yang Maha Pencipta. Boleh jadi merupakan kebiasaan bocah TK seperti Miki, jika […]

Kacang di atas Tampah

Namanya Kasnuni. Sebelum berbincang di tengah ingar-bingar konser musik di Alun-alun Kota Pemalang, aku memerhatikannya melayani pembeli kacang rebus yang dijualnya. Penerangannya cuma lampu semprong berbahan bakar minyak tanah. Untuk melindungi lampu, ia menggulungkan kertas pada semprong lampunya. “Setiap hari jualan kacang rebus di sini, mbah?” Tanyaku sambil mengelupas kulit kacang rebus yang sudah kubayar. […]