10.1 Alasan Miliki Samsung Galaxy Note 10.1

Hadir dalam acara Bloggers Workshop with Samsung Galaxy Note 10.1 menyisakan kekaguman dan impian. Kagum akan keandalan tablet era baru dengan berbagai fitur inovatifnya, sekaligus terwujudnya impianku selama ini, tentang sebuah tablet yang benar-benar bisa dipakai untuk bekerja, bukan sekadar buat bersenang-senang.

Workshop yang digelar di Main Atrium East Mall Grand Indonesia, 31 Agustus 2012 itu dihadiri sekitar 90 blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka diundang secara khusus oleh Samsung Indonesia karena sebuah kepercayaan diri Samsung bahwa tablet baru ini memang pantas dimiliki oleh blogger, yang beragam latar belakang profesi.

Dari workshop ini aku memiliki simpulan, yaitu 10.1 alasan kenapa aku harus memiliki Samsung Galaxy Note 10.1. 10 alasan tentang produk dan 1 alasan khusus. Apakah itu? Inilah!

  1. Multi Screen

    Dengan fitur ini kita bebas membuka dua aplikasi secara bersamaan, saling bersebelahan secara simultan. Misalnya di pojok screen, kita dapat menikmati video sambil browsing halaman web, atau melakukan pekerjaan lain seperti menulis, mengetik, dan menggambar. Jadi kita bisa membuka sekaligus misalnya, S-Note, Web Browser, Video Player, Email, Galleri, dan Polaris Office dalam satu screen dengan aplikasi lain yang bisa kita atur sendiri posisinya.
  2. S Pen

    S Pen memudahkan kita untuk membuat catatan, memindahkan content dari satu sisi ke sisi lain, menekan shortcut, dan fungsi lain yang mengagumkan. Ukuran S Pen hanya 6.5 mm, dengan memiliki kalibarasi 1.024 kali lebih sensitif dibanding S Pen pada produk Samsung sebelumnya, Galaxy Note. Saat S Pen dikeluarkan, otomatis akan muncul shortcut aplikas S Note, S Planner, Crayon Physics, Adobe Photoshop Touch, dan Polaris Office. S Pen inilah yang menjadi senjata andalan untuk pemakai yang kreatif.
  3. S Note

    Free and Easy Creation merupakan tagline dari S Note yang disediakan Samsung Galaxy Note 10.1. Aplikasi ini memiliki fitur keren dan cerdas. Dengan fitur Shape Match, kita bisa membuat gambar persegi, segitiga, dan lingkaran secara asal dan secara otomatis bentuknya akan berubah menjadi lebih sempurna.  Fitur Formula Match lebih smart lagi. Kita bisa menuliskan rumus matematika, fisika, statistik, dan lain-lain sesuai standar digital.
  4. Creative Touch

    Bagi yang suka banget berkreasi dengan editing foto dan ilustrasi, Samsung Galaxy Note 10.1 sudah membenamkan Adobe Photoshop Touch. Tentu bagi yang sudah familiar dengan produk Adobe, akan berjingkrak kegirangan saat mengetahui adanya aplikasi yang membuat kita lebih mudah dan lebih fun dalam berkreasi.
  5. Creative Cloud
    Buat apa berkreasi jika hanya disimpan saja. Sebarkan ke semua jaringan sosial, apa yang sudah kita buat memakai Adobe Photoshop Touch. Fitur Creative Cloud secara otomatis melakukan sinkronisasi semua karya kita ke halaman facebook atau media sosial lain yang kita pilih sendiri.
  6. Layaknya menulis di kertas

    Ingin menyimak presentasi sambil menulis catatan penting nara sumber? Tulis saja dengan S Pen. Fitur handwriting recognition akan otomatis memformat tulisan kita menjadi lebih terbaca. Bagi yang lebih suka dengan tulisan tangan, kita bisa tetap mempertahankannya tanpa diubah secara otomatis. Ini pas sekali dengan mereka yang terbiasa menulis coretan saat berdiskusi. Tinggal urek-urek screen, maka jadilah kesimpulan diskusi yang hanya kita sendiri yang paham.
  7. Wi-Fi Channel Bonding
    Fitur ini membuat pengalaman menjelajah internet menjadi lebih cepat. Wifi Channel Bonding akan menggabungkan dua channel menjadi satu sehingga memungkinkan waktu pengiriman data lebih efisien dengan kecepatan dua kali lipat. Bagi onliners, tak ada kenikmatan berinternet selain koneksi yang cepat.
  8. 1080p Full HD Playback
    Fitur ini kembali menyadarkan bahwa Samsung Galaxy Note 10.1 bukan hanya untuk mereka yang senang bekerja tetapi juga mereka yang hobi menikmati video, film, dan game yang menakjubkan. Full HD membuat warna dan detil lebih jelas. Inilah cara baru menikmati mutimedia content melalui perangkat mobile.
  9. AllShare Cast

    Berbagi file jadi lebih maksimal dengan Allshare Cast, yang dapat bekerja dengan lancar di semua perangkat nirkabel. Walaupun tanpa koneksi internet, berbagi file melalui Wi-fi Direct tetap bisa dilakukan. Secara online kita bisa mengatur file foto, dokumen, dan video lebih mudah dengan tersedianya Dropbox yang merupakan cloud storage populer saat ini.
  10. Powerful Performance
    Semua keunggulan fitur di atas tak akan berjalan tanpa prosesor yang andal. Samsung Galaxy Note 10.1 dirancang dengan prosesor Quad-Core 1.4 GHz dan RAM sebesar 2GB. Wajar bila perangkat ideal ini memiliki kecepatan di setiap penggunaan. Dari navigasi UI, membuka aplikasi, multitasking, browsing, nonton live video, dan memainkan game premium, semuanya dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebh mudah. Prosesor dan RAM yang kuat, juga akan percuma jika tak didukung dengan baterai yang kuat. Baterai 7000mAh membuat Samsung Galaxy Note 10.1 ini lebih tahan lama tanpa harus sering isi ulang.

Begitulah 10 alasan keunggulan yang bisa jadi alasan kita memiliki Samsung Galaxy Note 10.1. Lho, lalu 1 lagi apa? Apakah sistem operasi Android Ice Cream Sandwich yang terkenal lebih anyar dan menyenangkan penyuka Android? Bukan. Soal ICS sudah menjadi permakluman khalayak Android. Ice Cream Sandwich adalah sistem operasi versi 4.0 yang diciptakan Google dengan slogan ”Enchant me. Simplify my life. Make me awesome”. Lalu apa?

Jelas 1 poin plus adalah brand Samsung itu sendiri. Sejak pertama kali terjun dalam dunia gadget ber-android, aku melihat Samsung sangat inovatif dan memberikan kepuasan lebih bagi penggunanya. Karena itu, +1 ini merupakan alasan utama kenapa aku lebih menyukai produk Samsung ketimbang lainnya. Bagiku Samsung bukan sekadar keren, tetapi lebih dari itu: Jaminan!

Lihat Spesifikasi Lengkap.